Rahasia Cerdas Mempertahankan dan Meningkatkan Produktivitas Kerja

Saat seseorang sedang bekerja tentu Anda harus produktif dan menyelesaikan semua tugasnya dengan baik. Sehingga menjaga produktivitas kerja dengan baik adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Tanggung jawab Anda sebagai karyawan akan dipertaruhkan dengan adanya produktivitas yang baik, sehingga hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Anda perlu memperhatikan dengan baik berbagai hal yang bisa membantu meningkatkan produktivitas dan sebaliknya, juga ada hal yang bisa menurunkannya. Jadi dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka akan ada manfaat yang optimal Anda dapatkan selama bekerja. Hal ini tentunya juga menguntungkan untuk perusahaan tempat Anda bekerja. 
Terus melatih dan mengembangkan kemampuan diri akan membantu, untuk memaksimalkan tingkat produktivitas yang Anda miliki. Tidak perlu malu untuk terus belajar karena nantinya Anda juga yang akan merasakan manfaatnya. Jadi mulailah untuk bergerak, terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri dan produktivitas dalam bekerja tentunya. 

Menilai Produktivitas Kerja 

Memang pada dasarnya produktivitas dalam bekerja tidak bisa hanya dinilai secara angka atau banyaknya hasil pekerjaan yang bisa diselesaikan, tetapi Anda juga harus memperhatikan kualitasnya. Tentu akan sangat percuma jika pekerjaan yang diselesaikan banyak tetapi kualitasnya tidak optimal. Bahkan hal tersebut menunjukkan kurangnya tanggung jawab yang diberikan untuk pekerjaan. 

Untuk ukuran produktivitas kerja tentunya harus diperhatikan dari berbagai aspek, sehingga Anda bisa menentukan pertimbangan yang tepat untuk menilainya. Kualitas hasil kerja dan cara Anda menyelesaikannya tentu akan memengaruhi produktivitas yang dihasilkan saat sedang bekerja. Sehingga nantinya juga akan memberikan pengaruh terhadap keuntungan yang didapatkan, termasuk untuk perusahaan tempat Anda bekerja. 

Pada dasarnya produktivitas itu sendiri adalah adanya perbandingan antara output dan input yang dihasilkan oleh seorang karyawan saat bekerja. Seorang karyawan bisa dikatakan produktif, ketika memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya sesuai target yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga memang Anda perlu memperhatikan pencapaian target dan kualitas untuk setiap pekerjaan yang diselesaikan. 

Ada dua sumber produktivitas kerja, bisa dari lingkungan pekerjaan dan dukungan orang sekitar atau dari karyawan itu sendiri. Tentu keduanya harus bersinergi dengan baik untuk menghasilkan kinerja yang terbaik. Begitu juga dengan hasil kerjanya harus dioptimalkan sebaik mungkin. Jangan sampai langkah yang diambil nantinya justru membuat produktivitas Anda menurun.

Cara Meningkatkan Produktivitas Dalam Bekerja 

Sebaiknya sebelum Anda melakukan pekerjaan buatlah rencana hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Perencanaan ini bisa dilakukan harian, mingguan, atau keduanya. Kemudian perkirakan dengan baik waktu pengerjaan untuk setiap pekerjaan yang sudah Anda tentukan. Sehingga nantinya Anda bisa mengetahui berapa lama waktu yang Anda butuhkan, untuk menyelesaikan semua tanggung jawab pekerjaan masing-masing. 

Jika Anda memiliki tugas atau pekerjaan yang menumpuk, maka cobalah membuat prioritas pekerjaan. Langkah awal Anda adalah fokus pada tiga prioritas pekerjaan yang paling penting. Sehingga dengan adanya prioritas akan membantu memudahkan Anda, untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan optimal. Hal ini sesuai dengan produktivitas kerja dan kapasitas pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawab masing-masing. 

Minimalisasi berbagai gangguan yang bisa menghalangi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya koneksi internet suara ponsel, jadwal rapat yang kurang penting, dan berbagai halangan lainnya. Dengan begitu, akan membantu Anda untuk lebih fokus dalam menyelesaikan setiap pekerjaan seoptimal mungkin dan produktif, tentunya dalam menjalankan pekerjaan yang harus dilakukan. 
Cobalah untuk mendelegasikan beberapa tugas yang bisa diatasi oleh orang lain, sehingga tanggung jawab yang harus Anda selesaikan bisa lebih fokus. Hal ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan, agar tidak sampai mengganggu pekerjaan utama yang memang harus diselesaikan terlebih dahulu dan tidak bisa didelegasikan dalam proses pengerjaannya. 

Faktor yang Memengaruhi Produktivitas 

Produktivitas dalam bekerja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat Anda perhatikan dengan baik. Pendidikan menjadi salah satu yang dapat memengaruhinya, karena berpengaruh juga terhadap perkembangan karier yang dijalankan selama bekerja. Maka hal ini berkaitan dengan adanya batas minimal pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan masing-masing perusahaan. 

Kesehatan jasmani menjadi faktor selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Jika secara fisik Anda benar-benar sehat dan masih kuat untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan tentu saja produktivitas kerja juga akan meningkat. Maka jaga dengan baik kesehatan Anda secara fisik dan rohani, sehingga nantinya akan memberikan dukungan yang baik untuk perkembangan produktivitas yang Anda hasilkan.

Motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik menjadi faktor selanjutnya yang perlu untuk Anda perhatikan dengan baik. Setiap orang memang memiliki pengalaman dan latar belakang yang berbeda, sehingga juga bisa memiliki motivasi yang berbeda pula. Dengan menemukan motivasi yang tepat, maka Anda akan dapat meningkatkan produktivitas secara optimal.

Tidak hanya dari sisi karyawan tetapi juga perusahaan dan lingkungan kerja yang ikut memengaruhi produktivitas. Adanya kelengkapan sarana dan prasarana tentu menjadi salah satu pendukung yang penting untuk dipertimbangkan dengan baik. Sehingga Anda harus memperhatikan dengan baik adanya dukungan yang optimal dari pihak perusahaan dan manajemen, untuk mengembangkan produktivitas yang ditingkatkan setiap waktunya. 

Poin yang Menurunkan Produktivitas 

Tidak hanya faktor yang meningkatkan tetapi Anda juga perlu untuk memperhatikan faktor yang bisa menurunkan produktivitas kerja. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk meminimalisasi adanya penurunan produktivitas yang tidak menguntungkan baik untuk Anda maupun perusahaan. Jangan sampai penurunan produktivitas ini akhirnya juga memengaruhi kualitas pekerjaan yang Anda selesaikan. 

Jika pekerjaan tidak terstruktur dengan baik, maka hasil kerja Anda juga tidak akan optimal karena bingung harus mengerjakan yang mana lebih dulu. Selain itu, jika sarana dan prasarana tidak lengkap, untuk mendukung pekerjaan juga bisa membuat produktivitas menjadi menurun. Sehingga Anda bisa mencari solusi untuk adanya kendala seperti ini.

Adanya manajemen yang kurang optimal dan tertata rapi bisa memengaruhi produktivitas kerja yang diberikan oleh karyawan. Adanya rasa tidak nyaman atau mungkin kesal tentu akan sangat memengaruhi cara seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sehingga hal ini tidak boleh sampai terjadi, karena pengaruhnya juga akan besar secara keseluruhan untuk perusahaan atau organisasi.

Permasalahan personal menjadi poin selanjutnya yang bisa menurunkan tingkat produktivitas seseorang saat bekerja. Maka akan lebih baik jika Anda menyelesaikan sesegera mungkin jika memiliki masalah personal dengan rekan kerja. Hal ini akan berdampak besar apalagi jika Anda bekerja dalam tim, maka untuk meminimalisasinya Anda harus mengatasi masalah yang ada secepat mungkin.

Pertimbangkan untuk menjaga produktivitas tetap optimal saat bekerja tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Maka Anda perlu fokus dan mulai memperhatikan setiap langkah yang harus diambil. Sehingga nantinya hal tersebut akan memudahkan Anda untuk bisa memaksimalkan produktivitas kerja yang dilakukan dan diberikan pada perusahaan selama Anda bekerja di sana tentunya. 


Silahkan Bergabung di Group Facebook Lowongan Kerja Terbesar di Riau... Klik https://www.facebook.com/groups/LokerPekanbaruTerupdate/ Untuk mendapatkan info terbaru lowongan Kerja Pekanbaru Riau dan berbagi Pengalaman

PENTING : Cara Cepat dan Mudah Mencari Info Loker Sesuai Kebutuhan Anda di www.smithpekanbaru.com silahkan klik disini

Like & Follow Fanspage Resmi kami Klik >>  https://www.facebook.com/smithJKR/  

HELP ME, BRO and SIS : Informasi yang kami sampaikan merupakan hasil Ketik Ulang dari Koran dan Mading Kantor Pos. Serta E-mail yang dikirim oleh Perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja serta informasi informasi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber termasuk dari anggota Group yang memposting info lowongan pekerjaan. Jika anda merasa senang dan terbantu dengan informasi yang ada di Website kami, maka anda bisa berpartisipasi dengan memberikan support untuk kemajuan dan pengembangan website SMITH JANKERMAN agar kami bisa terus update setiap hari. Terimakasih atas dukungan Anda

 

Postingan Lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel