Tips Memilih Aplikasi Akuntansi Untuk Mempermudah Pekerjaan

Tips memilih aplikasi akuntansi harus Anda pertimbangkan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan Anda sebagai akuntan. Di era modern sekarang ini, memang teknologi sudah sangat canggih. Berapa banyak teknologi yang kini berkembang? Ada banyak. Mereka semua kini menguasai era sekarang dan memberikan manfaat yang bagus, salah satunya mempermudah pekerjaan kita, salah satunya aplikasi akuntansi yang sekarang sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan modern.


Bagi Anda pemilik perusahaan, tentu saja menginkan laporan keuangan yang cepat, tidak ada kesalahan dan juga terstruktur, bukan? Bila Anda mengetahui tips pilih aplikasi akuntansi untuk akuntan di perusahaan Anda, maka laporan keuangan yang baik akan diwujudkan dengan cepat. Namun, sebelum memilih aplikasi akuntansi, Anda harus tahu mana yang bagus untuk perusahaan Anda.

Perlu Anda ketahui, tips memilih aplikasi akuntansi bisa berdasarkan jenis bisnis yang dijalankan oleh perusahaan Anda. Jadi, dari perusahaan satu ke perusahaan lain itu aplikasinya berbeda namun, mempunyai beberapa tujuan yang sama. Salah satunya untuk membantu mempermudah pekerjaan akuntan. Jadi, mari kita cari tahu bagaimana cara memilih aplikasi akuntansi yang bagus.

Pilih Aplikasi Akuntansi dengan Fitur yang Lengkap

Untuk tips memilih aplikasi akuntansi memang tidak boleh sembarangan. Fitur yang lengkap menjadi pertimbangan yang bagus untuk Anda yang sedang mencari aplikasi atau software akuntansi. Lalu, apa tujuan fitur yang lengkap pada aplikasi tersebut?

Kita sendiri tahu bahwa aplikasi akuntansi diciptakan guna mempercepat pekerjaan seorang akuntan. Fitur yang ada akan menunjang dan mewujudkan kerja yang cepat itu. Dan inilah pilihan fitur yang bisa Anda pertimbangkan untuk ada pada aplikasi akuntansi Anda :

a. Adanya sistem penagihan yang akan dikirimkan lewat email. Fitur ini akan mengingatkan Anda mengenai tagihan, pembayaran secara berkala secara otomatis. Jadi, Anda bisa menghemat waktu untuk melihat tanggal pembayarannya.

b. Adanya fitur pajak dan faktur pajak. Ini akan mengingatkan Anda tagihan pajak setiap tahunnya yang harus dibayar. Tagihannya pun berbentuk laporan yang sudah menghitung sebagian kecil rangkuman pajak secara otomatis.

c. Dashboard overview yang akan memberikan Anda melihat rangkuman kegiatan bisnis Anda secara keseluruhan.

d. Terdapat fitur-fitur operasional yang akan menunjang laporan keuangan Anda dengan baik seperti fitur penjualan, pembelian, pembayaran, produk, neraca dan sebagainya yang tersusun secara lengkap dalam 1 aplikasi/software.

e. Fitur yang melakukan audit atas data yang dimasukkan.

f. Dapat pula melacak produk

Pilih yang Bagus dan Terbaik Untuk Bisnis Perusahaan

Setelah memilih aplikasi dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan standar kerja, tips memilih aplikasi akuntansi selanjutnya adalah memilih aplikasi yang bagus dan terbaik untuk bisnis perusahaan Anda.

Misalnya, apakah aplikasi tersebut terdapat uji coba gratis supaya Anda pun tidak terlalu rugi jika tidak cocok dengan aplikasinya. Atau aplikasi tersebut bisa mengikuti ukuran dan perkembangan bisnis Anda. Dan berikut cara memilih aplikasi dengan kriteria terbaik untuk bisnis perusahaan Anda :

1. Dapat melakukan customaze sesuai apa yang diinginkan meskipun fitur sudah lengkap, tapi ingin aplikasi yang dibutuhkan dalam bisnis saja.

2. Keamanan data terjamin meskipun dengan aplikasi atau sodtware akuntansi online. dengan begitu pebisnis bisa menyimpan data-data kapanpun dan dimanapun.

3. Sistem terintergrasi sehingga fotware akuntansi bisa dihubungkan dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain. Biasanya, pebisnis melakukannya dengan menuangkannya di spreadsheet untuk dijadikan laporan keuangan.

4. User friendly, artinya aplikasi tersebut mudah digunakan oleh karyawan perusahaan yang banyak tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi. Jika mudah dioperasikan, bukankah laporan keuangan hasilnya bagus dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk pelatihan.

5. Didukung oleh customer service yang bisa dihubungi kapan pun apabila softawre atau aplikasi akuntansi sedang ada masalah.

Pertimbangkan Untuk Masalah Harga Aplikasinya

Setelah Anda mempertimbangkan fitur dan juga kriteria dari aplikasi yang cocok, sekarang masalah harga yang perlu dibicarakan. Tentunya, semakin bagus aplikasi yang Anda pilih, akan semakin tinggi pula harga dari jasa aplikasi tersebut. Tapi, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak vendor softawre/aplikasi akuntansi yang menawarkan harga terjangkau. Namun, masih saja Anda harus memperhatikan tips memilih aplikasi akuntansi untuk mendapatkan yang terbaik.

Dibantu pula dengan pembayaran yang dilakukan tiap bulan. Jadi, pembayaran akan semakin ringan. Jangan sampai ada biaya tambahan tersembunyi ketika waktu pembayaran tiba, pilihlah vendor yang jelas dan teransparan dalam menjelaskan harga-harga dari sodtware akuntansi.

Baca Juga: Cara Interview yang Baik Agar Anda Langsung Diterima Kerja
Baca Juga: Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Kecil Agar Awet
Baca Juga: Belum Juga Dipanggil Interview? Inilah Trik Cepat Dipanggil Interview

Jika Anda tidak ingin terlalu banyak mengeluarkan uang, ada baiknya fitur yang dipilih diseduaikan dengan bisnis Anda. Jangan sampai ada fitur yang berakhir tidak digunakan dan Anda malah ditagih pembayarannya. Sesuaikan kebutuhan fitur dengan budget yang Anda miliki.

Jadi, sekarang Anda akan memiliki laporan keuangan yang akurat dan disusun tanpa adanya kesalahan. Jangan lupa, karyawan yang memegang harus bisa mengoperasikannya dengan baik. Karena dengan tips memilih aplikasi akuntansi, tentunya karyawan yang bertugas mengoprasikan aplikasi harus menguasai caranya dengan baik.

Keyword : tips memilih aplikasi akuntansi

Deskripsi : Tips memilih aplikasi akuntansi harus Anda pertimbangkan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan

Postingan Lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel