Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Kecil Agar Awet

Mengeluh karena gaji yang kecil bukanlah hal yang baik, Anda harus tahu cara mengatur gaji bulanan yang kecil agar tidak cepat habis hingga waktunya tiba. Kebanyakan orang saat ini memang banyak yang mengeluhkan gaji yang tidak cukup hingga gajian berikutnya. Sebenarnya bukan gajinya yang kecil, tapi gaya hidup Anda yang tidak sesuai dengan gaji yang Anda dapatkan.


Apabila tahu gaji Anda kecil, Anda harus mengikuti gaya hidup yang sesuai dengan gaji yang Anda miliki. Itulah cara mengatur gaji bulanan yang kecil, agar Anda tidak boros dan bisa sampai pada gaji berikutnya tiba bahkan masih tersisa. Jangan terpacu pada gengsi bila Anda merasa gaji Anda tidak cukup, untuk melakukan gaya hidup yang hedonisme.

Mulai sekarang, Anda harus bisa berhemat, mengatur gaji seminimalis mungkin, agar tidak cepat habis sebelum waktu gajian lagi tiba. Mungkin anak milenial sekarang ini sudah mulai kesulitan untuk melakukannya. Maka, kami akan memberitahukannya pada Anda agar bisa mengatur gaji Anda yang kecil sebaik mungkin, perhatikan informasi berikut ini.

Dapat Gaji, Langsung Anda Tabung

Tak usah risau tentang cara mengatur gaji bulanan yang kecil. Mulailah dulu dengan Anda menabung. Dengan menabung, kita mendapatkan banyak manfaat darinya. Kita bisa membeli sesuatu yang diinginkan. Mempunyai jaminan di masa depan, serta siap untuk menghadapi banyak hal dengan tabungan yang Anda miliki.

Apakah Anda pernah mendengar konsep menabung yang diperkenalkan oleh Elizabeth Warren yang adalah senator Amerika? Beliau menerapkan konsep 50, 20, 30 untuk menabung. Itu ternyata banyak yang berhasil melakukannya dan bisa menikmati hasil menabungnya selama ini.

Dari pada digunakan untuk hal-hal yang tidak Anda perlukan, lebih baik gaji Anda yang kecil, ditabung sedikit demi sedikit untuk persiapan yang akan datang di masa depan. Berikut konsep menabung oleh Elizabeth Warren yang bisa Anda ikuti :

a. Ketika Anda baru saja mendapatkan uang gaji, sisihakan 50% untuk kebutuhan pokok. Seperti untuk makan, membayar cicilan dan juga tagihan. Pastikan Anda harus menyisihkan setengahnya setiap bulan untuk ini.

b. 20% yang Anda miliki bisa digunakan untuk tujuan finansial seperti menabung, atau melakukan investasi atau bahkan membayar asuransi jiwa, kesehatan dan lain-lain.

c. Sementara 30% itu untuk apa? Sisanya Anda gunakan untuk gaya hidup. Karena di zaman modern jika tidak mengikuti gaya hidup juga akan tertinggal. Anda bisa menggunakannya untuk membeli baju, berbelanja hal lain atau bahkan hanya sekadar nongkorong di kafe bersama dengan teman.

Tetapkan Prioritas Terlebih Dulu Daripada Keinginan

Jika gaji Anda sedikit dan ingin tahu cara mengatur gaji bulanan yang kecil, tetapkan prioritas terlebih dulu. Tidak tahu cara untuk melakukannya? Kami akan membocorkan sedikit tips untuk Anda yang membutuhkan cara membuat prioritas menggunakan gaji Anda yang sedikit :

1. Buatlah Kebutuhan Jangan Pendek dan Panjang

Yang pertama Anda lakukan memang harus mendaftar kebutuhan jangka pendek Anda dan juga jangka panjang. Semua kebutuhan tersebut didata oleh Anda dengan baik. Bila Anda sudah memiliki keluarga, ada baiknya penyusunan tersebut melibatkan keluarga.

2. Kebutuhan Pokok Berada Paling Atas

Kebutuhan pokok adalah kebutuhan sekarang yang harus dipenuhi, untuk itulah posisinya harus yang paling atas agar bisa dipenuhi dengan secepat mungkin. Lalu, diikuti juga dengan kebutuhan sekunder dan tersier.

3. Dahulukan Kebutuhan Untuk Banyak Orang

Maksudnya di sini adalah kebutuhan asuransi Anda yang mungkin sangat penting untuk masa tua nanti. Pastikan 20% dri gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan ini.

4. Bayar Hutang

Tagihan, cicilan atau bahkan hutang terhadap teman harus dibayar sedikit demi sedikit ketika Anda gajian. Dengan begitu, tagihan Anda tidak telat dan juga tidak menunggak.

Menekan Pengeluaran dengan Baik 

Selain melakukan daftar prioritas seperti di atas, cara mengatur gaji bulanan yang kecil selanjutnya adalah menekan pengeluaran. Ya, mungkin sulit untuk melakukannya karena terkadang kita juga akan menemui pengeluaran secara mendadak.

Akan tetapi, jika tidak mencobanya kita tak akan tahu. Kemudian inilah cara menekan pengeluaran tersebut :

1. Atur Jadwal Belanja Anda

Sering kali Anda tidak sadar jika sudah belanja kemarin, malah belanja lagi. Untuk itulah atur waktu belanja Anda, agar tidak berbelanja terus menerus hingga tanpa sadar malah menghabiskan uang.

2. Buat Daftar Belanja

Jika Anda membuat daftar belanja, itu akan mengurangi Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Jadi, belanja Anda hanya seputar barang-barang yang sangat dibutuhkan.

3. Bawa Uang Cash Secukupnya

Lebih baik Anda menggunakan uang cash dari pada non-cash, karena akan lebih banyak mengambil uang Anda apalagi kartu kredit.

Baca Juga: Belum Juga Dipanggil Interview? Inilah Trik Cepat Dipanggil Interview 

Jangan mengeluh jika semua trik di atas itu sulit untuk dilakukan. Bila Anda ingin hidup berkecukupan dengan gaji yang kecil, maka Anda harus bisa mengontrol keuangan dengan baik. Salah satunya yaitu dengan cara mengatur gaji bulanan yang kecil demi masa depan sendiri.

Keyword : cara mengatur gaji bulanan yang kecil

Deskripsi : Mengeluh karena gaji yang kecil bukanlah hal yang baik, Anda harus tahu cara mengatur gaji bulanan yang kecil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel