Cara Interview yang Baik Agar Anda Langsung Diterima Kerja

Meskipun Anda sudah tahu cara interview kerja yang baik seperti apa, tentu tak menutup kemungkinan jika Anda masih tegang dan tidak bisa tenang sebelum interview kerja yang Anda jalani berhasil dilakukan. Rasa gugup itu sebenarnya akan menghambat Anda untuk menjawab lancar pada saat interview. Sebaiknya Anda rileks saja dan memikirkan bagaimana nanti Anda bersikap di depan interviewer.


Ingin diterima kerja di perusahaan impian, Anda jangan hanya mengetahui sekilas cara interview kerja, harus mempelajarinya dengan sebaik mungkin. Mulai dari sikap Anda ketika masuk ke ruangan interview, saat sudah berhadap-hadapan dengan interviewer hingga pada saat sedang menjawab pertanyaan. Itu Anda harus bisa melakukannya dengan sebaik mungkin jangan ada yang salah, itulah trik agar Anda diterima kerja.

Namun, bila setelah interview Anda tidak dipanggil lagi, kemungkinan besar ada masalah yang membuat Anda gagal pada tahap interview ini. Ketahuilah setelahnya agar Anda tidak mengulangi hal tersebut ketika interview dengan perusahaan lainnya. Untuk itulah, kami akan memberikan tips tersebut untuk Anda, agar interview kerja yang Anda lakukan berjalan sukses.

Cara Interview Kerja Agar Sukses dan Lancar

Semua calon karyawan di sebuah perusahaan yang ingin direkrut untuk menjadi bagian darinya, tentu menginginkan interviewnya berjalan dengan lancar. Untuk itulah Anda harus mengethui cara interview kerja yang baik dan benar itu seperti apa.

Kemudian, tips atau persiapan apa saja yang harus Anda lakukan agar interview yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Kali ini, kami memang akan memberitahu pada Anda, bagaimana interview kerja agar sukses dan lancar.

a. Datanglah lebih awal dari waktu yang telah dijanjikan oleh perusahaan untuk interview. Jika Anda membuat interviewer menunggu Anda, maka akan mengurangi poin Anda sebagai calon kandidat karyawan perusahaan. Dengan datang lebih awal juga membuat Anda jauh lebih siap dan menghilangkan rasa gugup yang berlebihan.

b. Jangan lupa untuk memiliki penampilan yang rapi, karena pada saat interview yang pertama dilihat oleh interviewer adalah penampilan Anda. Tak perlu baju baru, yang penting pakaian rapi dan bersih, dari ujung rambut hingga kepala. Untuk perempuan, jangan dandan berlebihan. Pakailah make up yang natural saja, agar cara interview kerja dapat berjalan dengan lancar.

c. Bersikaplah sopan selama berbicara dan juga tegas dan lugas, agar menambah poin untuk Anda selama melakukan interview.

d. Ciptakan suasana nyaman agar Anda pun tidak tegang selama menjawab pertanyaan.

e. Dan tentu saja Anda harus menjawab pertanyaan dari interviewer dengan singkat dan jelas sehingga langsung pada inti jawabannya.

Ketahui Hal-hal yang Harus Anda Hindari Saat Interview Kerja

Kegagalan dalam interview memang menjadi momok yang menakukan buat Anda sang pelamar pekerjaan. Masih sedikit orang yang mengetahui cara interview kerja tapi tidak tahu apa yang harus dihindari selama melakukan interview kerja.

Baca Juga: Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Kecil Agar Awet
Baca Juga: Belum Juga Dipanggil Interview? Inilah Trik Cepat Dipanggil Interview

Beberapa hal ini harus dan wajib Anda hindari ketika Anda sedang interview kerja dan tidak gagal selama melakukan sesi tersebut :

1. Jangan biarkan ponsel dalam keadaan berbunyi. Jika Anda tidak mematikan ponsel, pastikan biarkan dalam mode silent. Dengan begitu, ketika Anda melakukan interview tidak akan terganggu dan tak mengurangi nilai.

2. Baju juga tidak boleh kusut. Bau badan juga harus diatur agar tercium wangi. Pokoknya penampilan harus yang maksimal.

3. Jangan biarkan Anda tidak mengetahui seluk beluk perusahaan. Pelajari dulu latar belakang perusahaan yang Anda masuki, agar lancar ketika ditanyakan oleh pihak yang menginterview Anda.

4. Jangan biarkan Anda berbicara dengan nada yang terlalu santai hingga terkesan kurang sopan. Itu sangat mengurangi poin Anda.

5. Dan jangan terlalu mengutamakan gaji, promosi jabatan dan benefit lainnya, ketika Anda sedang melakukan interview kepada perusahaan. Itu akan membuat pandangan negatif dari interviewer terhadap Anda.

Gambaran Interview Kerja yang Akan Dihadapi

Mungkin Anda yang fresh graduate, belum tahu gambaran cara interview kerja yang akan Anda hadapi nantinya. Sebagai referensi dan media belajar Anda, berikut adalah gambaran interview kerja yang biasanya dihadapi oleh para calon karyawan perusahaan :

1. Untuk pertama, biasanya interviewer akan mempersilahkan Anda untuk memberikan gambaran singkat mengenai hidup Anda dan siapa diri Anda sebenarnya. Ceritakan dengan baik, agar memberikan kesan yang baik pula untuk para interviewer.

2. Kedua, biasanya Anda akan ditanya seputar latar belakang perusahaan.

3. Lalu, Anda pun juga akan lanjut ditanya mengenai alasan Anda berminat untuk bergabung ke perusahaan tersebut.

4. Jangan lupa, Anda juga akan disuruh untuk menceritakan pengalaman Anda selama dulu bekerja bila ada pengalaman atau organisasi yang Anda ikuti selama kuliah.

5. Dan masih banyak yang ditanyakan hingga pendapat gaji.

Itulah yang harus Anda ketahui agar bisa diterima kerja pada tes interview ini. Memang, keberuntungan juga harus mengikuti Anda. Tapi tak ada salahnya mempelajari cara interview kerja mulai hari ini?

Keyword : cara interview kerja

Deskripsi : Meskipun Anda sudah tahu cara interview kerja yang baik seperti apa, tentu tak menutup kemungkinan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel